EXIT STRATEGY DARI INESTASI UNIT LINK DEMI MENEKAN KERUGIAN

Tabloid Kontan mingguan  No. 41-XV 2011 4 – 10 Juli 2011

Halaman 20 -21 menyatakan bahwa nilai investasi dan proteksi unitlink tak sebanding dengan setoran premi. Hal ini memang sangat masuk akal karena produk unitlink produk mahal yang serba tanggung.

exit strategy menekan kerugian unitlink bagian 1

exit strategy menekan kerugian unitlink bagian 2

Kenapa Tidak Pada Unitlink bagian 1a

Kenapa Tidak Pada Unitlink bagian 1b

kenapa tidak pada unit link bagian 2

http://qmfinancial.com/content/view/140/36/

Kenapa tidak pada unitlink bagian 3

Dari segi proteksi tidak maksimal maupun deri segi investasi. Banyak yang belum memahami bahwa dalam perencanaan keuangan keluarga membedakan antara asuransi, investasi dan tabungan. ketiganya mempunyai karakteristik yang berbeda, baik tujuan maupun jangka waktunya. secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

1. Asuransi adalah asuransi yang memang tujuannya adalah untuk melindungi dengan jangka waktu tertentu, ataupun Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

2.  Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi.
Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. secara awam investasi adalah suatu alat yang kita gunakan untuk mencapai tujuan keuangan yang biasanya jangka menengah dan panjang. perlu dipahami bahwa investasi memiliki return dan risiko. secara teori dan praktek semakin tinggi return semakin tinggi pula tingkat risikonya. untuk kebutuhan lebih dari 2 tahun sebaiknya menggunakan investasi sebagai kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

3. Tabungan Menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. jadi tabungan memang selayaknya digunakan untuk dalam jangka waktu dekat dan dapat diambil kapanpun. Dalam perencanaan keuangan tabungan digunakan sebagai dana darurat. Tabungan sebaiknya digunakan untuk kebutuhan jangka waktu kurang dari 2 tahun.

Saya berharap dengan adanya tulisan di  kontan ini, masyarakat dapat memahami dan bijaksana dalam membeli polis unitlink karena produk ini adalah produk yang mahal jika kita bandingkan dengan pengeluaran dan manfaat nya jika dibeli secara terpisah. Dengan membeli secara terpisah produk asuransi dan produk investasi dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dan pengeluaran yang  optimal.

https://pandjiharsanto.wordpress.com/2011/06/23/cara-menghitung-uang-pertangungan-asuransi-jiwa/

https://pandjiharsanto.wordpress.com/2011/06/18/apa-yang-dimaksud-reksadana/

https://pandjiharsanto.wordpress.com/2011/06/19/menghitung-future-value-anuitas/

Iklan

8 thoughts on “EXIT STRATEGY DARI INESTASI UNIT LINK DEMI MENEKAN KERUGIAN

  1. kayana antara judul dan isi kurang nyambung dech…klo nglihat dari isi tulisan saudara, harusnya judul yang tepat adalah “pengertian dari asuransi, investasi dan tabungan” ato “asuransi, investasi, tabungan…serupa tp tak sama”…..

  2. Mengenai isi tulisan bisa baca di mingguan Kontan yang tertera pada prolog tulisan. kami hanya memberikan tanggapan yang kadang masyarakat masih belum paham dan dapat membedakan tujuan investasi dan asuransi. berkaitan dengan judul cara yang paling baik adalah melihat kasus per kasus lebih detail.. Semakin cepat keluar dari polis unitlink semakin baik karena memberikan manfaat optimal jika investasi dan asuransi dilakukan terpisah. ada baiknya dalam menutup polis tersebut pastikan anda sudah diasuransikan, jika polis yang baru telah jadi maka selanjutnya Anda dapat menutup polis unitlink. semoga bermanfaat

  3. Saya harus sebut pak atau mas ya? hehe..
    saya ikut di program investasi unitlink milik BNI dg premi 3.6juta per bulan dengan hanya pertanggungan asuransi jiwa. saya baru ikut di tahun pertama. penghasilan saya 4-5jt per bulan. menurut Pak panji bgmn? btw saya kepala keluarga, anak baru 1 th. mhn pencerahannya. matur nuwus.

  4. Wah Arema juga kelihatannya.. hehehe..
    sayang sekali anda punya unit link karena perkembangan nya maksimal..
    saya sarankan jika memang untuk kebutuhan asuransi jiwa langkah pertama sebaiknya Anda membuka polis asuransi jiwa berjangka terlebih dahulu.. jika polis asuransi jiwa berjangka telah anda miliki.. anda dapat menutup polis unit link Anda, atau mengambil semua nilai polisnya..
    Unit link menurut saya tidak transparan pengelolaannya..
    sedangkan jika anda langsung berinvestasi pada reksadana pertanggungjawabannya sangat jelas. karena Manajer Investasi wajib melaporkan nilai aktiva bersihnya setiap hari kepada Kementerian Keuangan melalui Bapepam.
    sebagai bahan pertimbangan jika Anda langsung investasi langsung reksadana jika pertahun perkembangan rata-rata 25% dengan 300ribu perbulan maka perkiraan dana investasi anda adalah sebesar 163,4 juta
    berkaitan dengan anak Anda yang baru berusia 1 tahun maka saya sarankan untuk membuat rencana pendidikan untuk anak Anda, karena yang harus Anda keluarkan untuk investasi akan lebih ringan jika Anda menunda untuk memulainya.
    semoga penjelasan saya dapat membantu

  5. Mas Panji, terima kasih atas informasinya, perkenalkan saya Raka 36 thn dengan 1 anak dan saya memiliki polis asuransi jiwa + unitlink di SLFI premi per bulan 500 rb, betul apa yang mas jelaskan : ada banyak biaya yang tidak transparan saat agen mem prospek saya, seperti biaya akuisisi mencapai 100 %, biaya berkala (besarannya bergantung periode tahunan plg besar tahun ke 2 : 50%, th ke 3 : 30%, th ke 4 : 10%, biaya premi 5%, biaya administrasi 35.000 /bulan mulai bulan ke 13, biaya asuransi tahunan, biaya pengelolaan investasi 2%, biaya kustodian 0.35%) ironisnya saya mengetahuinya setelah polis jadi, dan saat ini sudah berjalan 2 tahun saya berasuransi di SLFI, pertanyaan saya kapankan saat tepat bagi saya berhenti unitlink? sementara saya ingin tetap di cover oleh asuransi jiwa? dapatkah unitlink dihentikan tanpa menghentikan cover asuransi jiwa?

  6. Exit strategi nya seperti yang biasa saya sarankan kepada klien-klien saya, untuk Bapak sementara waktu hentikan pembayarannya..
    Secepatnya buat Asuransi Termlife sesuai kebutuhan Bapak, setelah polis jadi selanjutya Anda ambil nilai polis Anda di unit link, karena jika Anda teruskan pun hasilnya tidak akan maksimal..
    karena keputusan Anda memang kurang tepat, jika mau beli produk investasi belilah di perusahaan yang menjual produk investasi,
    jika ingin membeli asuransi apalagi usia masih dibawah 40 tahun sebaiknya belilah termlife pada perusahaan asuransi yang menjual TL insurance..
    untuk mengetahui produk apa yang TL insurance yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    silahkan email ke alamat saya
    pandji.harsanto@gmail.com.

    Salam TL,

  7. Pak, saya mau nanya.

    Saya (25 tahun) sedang mencari asuransi jiwa dan rider2 nya.

    Saya mendapat ilustrasi dari ALeeAunts
    premi 300rb/bulan dengan manfaat:
    CI+ <70tahun sebesar 300jt
    ADDB <65tahun sebesar 300jt
    TPD <65tahun sebesar 300jt
    Meninggal sebesar 300jt

    selain itu untuk askesnya saya berencana beli termlife SheMust SirHard EggSirCuteThieft
    premi sekitar 1.5jt/tahun dengan manfaat:
    kamar 500rb
    limit tahunan 400jt

    mohon bantuan Pak Pandji menilai hal ini.
    terima kasih banyak.

    NB: saya memerlukan asji karena pencari nafkah di keluarga
    untuk umur saya untuk asji di ManNewLive dengan premi 3.5jt/tahun mendapat UP1.5M

    tolong reviewnya ya pak.
    thx a lot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s