MERENCANAKAN LIBURAN

Perencanaan Liburan Merencanakan Liburan KONTAN by Pandji Harsanto

Di kondisi Jakarta atau kota-kota besar sekarang ini, ditambah dengan begitu beratnya tekanan pekerjaan yang menimbulkan stress, liburan merupakan salah satu kebutuhan dan tujuan jangka pendek untuk orang-orang perkotaan.

Merencanakan liburan memanglah butuh persiapan yang matang, baik dari segi waktu, tujuan liburan, keuangan dan membuat rencana perjalanan .

  1. Waktu Liburan

Biasanya dalam menentukan liburan bagi yang sudah berkeluarga ataupun yang masih single akan ada perbedaan waktu untuk liburan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kebutuhan keuangan pada sat liburan. Misalnya untuk yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak akan memilih waktu saat-saat liburan panjang sekolah, bagi yang masih single biasanya akan memilih waktu untuk mengambil cuti pada saat pekerjaan di kantor tidak begitu banyak atau di low season. Ada juga yang sengaja memilih waktu sama dengan waktu pulang kampung pada saat lebaran. Dari segi perencaanaan keuangan sebaiknya jikan ingin berlibur menggunakan pesawat, Anda dapat memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, karena dengan seperti itu meskipun waktu liburan itu di peak seasson, kita dapat mendapatkan harga murah untuk tiket pesawat tersebut.

  1. Tujuan liburan

Untuk tujuan liburan, Anda dapat merencanakan liburan dalam negeri ataupun liburan luar negeri. Memilih biro perjalanan melalui online akan menghemat waktu. Biasanya situs biro perjalanan ini cukup lengkap menyajikan informasi yang dibutuhkan. Mulai dari jasa yang diberikan sampai dana yang dibutuhkan.

Buatlah daftar yang Anda diperlukan sebelum memilih biro perjalanan. Seperti waktu, tempat dan kisaran harga perjalanan. Anda harus sadar akan kebutuhan Anda selama berlibur. Jika biro perjalanan itu baik, maka kebutuhan Anda ini dianggap yang terpenting bagi mereka. Jadi dari Anda sendiri harus jelas terlebih dahulu tujuan liburan ini, matangkan tujuan Anda, pilih alat transportasi yang nyaman. Lantas sesuaikan semua dengan dana Anda.

Ajukan pertanyaan berikut ini pada biro perjalanan Anda: Apa kekhususan biro perjalananan ini? Apakah bisa dihubungi selama 24 jam? Dan Layanan apa yang harus Anda bayarkan dan berapa nilainya?
Pelajarilah latar belakang biro perjalanan tersebut. Paling tidak harus tercatat dalam keanggotaan biro perjalanan di Indonesia.

Jika memilih berlibur ke luar negeri, pastikan bahwa di negara tujuan terdapat biro perjalanan yang memiliki kerja sama dengan biro perjalanan yang Anda pilih. Atau lebih baik lagi bila biro perjalanan tersebut memiliki perwakilannya sendiri. Baca baik-baik surat perjanjian sebelum Anda tanda tangani.
Pastikan tidak ada pengeluaran kecil yang akan mengangganggu Anda dari biro perjalanan yang Anda pilih. Patut diingat, ada perjanjian-perjanjian antara biro perjalanan dengan pihak-pihak lainnya, yang bisa jadi mengganggu kenyamanan Anda.

  1. Keuangan liburan

Dengan menentukan waktu untuk melaksanakan liburan maka Anda dapat memperhitungkan berapa lama Anda dapat menabung untuk melaksanakan liburan tersebut. Untuk perencanaan liburan kurang dari 6 bulan maka Anda dapat menyisihkan biaya liburan dengan dengan cara menabung, tapi apabila untuk tujuan keuangan biaya liburan lebih dari 6 bulan sampai dengan 2 tahun Anda bisa menyisihkannya dengan investasi pada reksadana pendapatan tetap dengan return 12% per tahun atau pada logam mulia yang dapat memberikan return sampai dengan 18% per tahun.  Adapun pos-pos untuk liburan adalah sebagai berkut:

a. Transportasi

Budget transportasi ini mencakup tiket pesawat dan transportasi dalam kota. Biasanya saya mencari perkiraan seluruh biaya transportasi terlebih dulu dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama totalkan semua harga tiket transportasi (semua kendaraan yang dipilih), bisa dicek lewat internet. Tidak perlu langsung booking, yang penting tahu harganya dulu
  •  Kemudian jangan lupa untuk mencari info-info tentang transportasi alternatif yang mungkin jatuhnya akan lebih murah dibandingkan dengan naik pesawat.

b. Akomodasi

  • Pertama kita kumpulkan info dari internet, penginapan mana saja yang sesuai budget kita.
  • Atau cara lainnya adalah, mencari hostel lewat website penyedia jasa booking online, Kalau lewat internet, pastikan pesan jauh hari, karena biasanya semakin mepet hari pemesanan anda, harga cenderung lebih mahal.

c. Makanan

Ini mencakup makan-minum selama di jalan dan jajan-jajan alias cemilan. Budget makan juga harus kita tentukan sudah termasuk makan pagi, siang, malam dan cemilan. Sebelum berangkat, selalu rencanakan tempat-tempat makan yang akan anda datangi di kota tujuan. Berapa jumlah anggota rombongan dan restoran apa yang mereka sukai. Ada orang yang setiap kali ke luar negeri hanya mau makan di restoran Indonesia. Saran saya, cobalah makanan khas di tempat tujuan. Tidak apa-apa keluar uang lebih banyak, yang penting anda tahu makanan khasnya. Dan lagi, inti dari liburan adalah mendapatkan pengalaman yang betul-betul berbeda, termasuk dalam hal makanan.

d.Dokumen Perjalanan

Setelah ketiga budget utama itu berhasil kita dapatkan, sekarang kita harus mencari info tentang biaya pembuatan dokumen-dokumen yang diperlukan (seperti paspor, visa, dan sebagainya).      

e. Obyek Wisata

Hitunglah semua pengeluaran untuk obyek wisata sebelum anda bepergian.

Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

 f. Oleh-Oleh (buah tangan)

Ada barang-barang wajib yang selalu ampuh untuk dijadikan oleh-oleh ke kota mana pun anda pergi, yaitu kaos dan gantungan kunci. Tentunya yang bergambar atau bermotif kota tujuan. Kalau anda tahu tempat penjualan oleh-oleh yang murah, maka anda bisa mendapatkan kaos dan gantungan kunci dalam jumlah banyak dengan harga lebih hemat. Perhitungkan juga hal ini sebelum bepergian.

  1. Membuat Rencana Perjalanan

Liburan yang tidak direncanakan adakalanya menyenangkan, apalagi jika segalanya diserahkan ke agen perjalanan. Untuk beberapa perjalanan jarak dekat yang tempatnya lebih familier, cara spontan memang biasa.

Namun bagaimana kalau kita ingin tinggal lebih lama di suatu tempat yang jauh dan sama sekali tidak familier? Di sinilah keterampilan merencanakan perjalanan diperlukan. Rencana perjalanan akan menjadi koridor agar perjalanan lancar dan anggaran tepat sasaran.

Dalam perjalanan bersama teman atau keluarga, rencana tertulis malah lebih penting lagi. Sebuah rencana perjalanan yang jelas merinci kegiatan dan anggaran akan menghindarkan kita dari kebingungan — yang ujungnya justru membuang waktu. Bayangkan apa yang terjadi jika kita gagal menikmati suatu atraksi hanya karena lupa mengecek apakah pada hari itu ada atraksi atau tidak, dan tak punya rencana cadangan.

Di samping itu, sebuah rencana perjalanan juga akan membuat kita lebih termotivasi. Coba bandingkan keinginan biasa “Oke, tiga bulan lagi saya akan pergi ke Lombok!” dengan rencana rinci dengan anggaran. Liburan seolah sudah di depan mata.

Membuat rencana perjalanan tertulis sangatlah mudah. Bentuknya bisa berupa tabel sederhana yang merunut kegiatan secara kronologis. Dalam lampiran, Anda bisa menyertakan dokumen pendukung seperti tiket dan peta.

Rencana perjalanan tidak mutlak diikuti. Realitas di lapangan bisa saja berbeda, namun setidaknya kita sudah punya semacam skenario: Sutradara telah mengatur detail perjalanan, dan Anda tinggal menjalaninya saja.

Oh ya, tabel ini juga tidak perlu dibawa-bawa ke mana-mana, cukup dilihat jika perlu. Selamat berjalan-jalan!      

Tips Berlibur

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Yang pasti, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika Anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan Anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

2. Paket perjalanan dengan harga murah

Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika Anda ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

3. Cermatlah memilih tempat rekreasi.

Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

4. Memilih tempat membeli oleh-oleh

Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang Anda.

5. Membawa bekal makanan dan obat yang penting.

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu. Jangan lupa bila Anda mempunyai gangguan kesehatan jangan lupa membawa obat-obat yang penting untuk Anda, jangan sampai Anda jatuh sakit di tengah perjalanan liburan Anda
6. Bawalah uang saku sesuai dengan budget.

Dan tetap catat semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir. Jangan terlalu banyak dalam membawa uang tunai karena demi keamanan Anda.  Penggunaan uang tunai di saat leburan sebaiknya dibatasi. Gunakan kartu kredit atau kartu debit, tapi harus sudah diperhitungankan dengan budget yang sudah Anda rencanakan. Biasannya dengan kartu tersebut kita bisa mendapatkan fasilitas promo atau pun diskon.  Ini akan sangat membantu Anda berhemat dan menghindar dari risiko kekurangan uang tunai. Tapi jangan lupa untuk melunasi setelahnya. Jangan sampai habis liburan, kepala Anda justru makin puyeng memikirkan utang kartu kredit Anda.

Dalam penggunaan kartu kredit memang anggaran tersebut sudah disiapkan dananya, penggunaan kartu hanya dari segi cara pembayarannya saja, agar Anda meminimalkan penggunaan uang tunai selama di perjalanan.

7. Pergilah di saat low season

Jika Anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season”.

8. Memilih tempat rekreasi Edukatif

Jika budget Anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak terutama di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

Berikut daftar Negara dan kota beserta biayanya :

No. City: Country: Budget Cost/Day: Accom: Meals:

1

Vangvieng Laos

$4.25

$3.25

$0.50

2

Goa India

$4.50

$3.50

$0.50

3

New Delhi India

$5.50

$4.50

$0.50

4

Bangalore India

$6.00

$5.00

$0.50

5

Bangkok Thailand

$6.23

$3.73

$1.25

6

Ho Chi Minh Vietnam

$6.86

$5.00

$0.93

7

Quito Ecuador

$7.00

$5.00

$1.00

8

Phom Penh Cambodia

$7.00

$3.00

$2.00

9

Bali Indonesia

$7.16

$6.50

$0.33

10

Asuncion Paraguay

$8.00

$4.00

$2.00

11

Kathmandu Nepal

$8.29

$3.67

$2.31

12

Beijing China

$8.50

$6.50

$1.00

13

La Paz Bolivia

$8.90

$4.90

$2.00

14

Cairo Egypt

$9.84

$4.62

$2.11

15

Shanghai China

$10.00

$8.00

$1.00

16

Nairobi Kenya

$10.38

$8.00

$1.19

17

Accra Ghana

$10.50

$8.50

$1.00

18

Havana Cuba

$11.32

$7.00

$2.16

19

Bogota Colombia

$11.97

$9.97

$1.00

20

Lima Peru

$12.00

$8.00

$2.00

21

Kuala Lumpur Malaysia

$12.44

$6.06

$3.19

22

Taipei Taiwan

$12.46

$9.42

$1.52

23

Sofia Bulgaria

$12.53

$9.77

$1.38

24

Panama City Panama

$13.00

$9.00

$2.00

25

Managua Nicaragua

$14.00

$11.00

$1.50

26

Buenos Aires Argentina

$14.00

$10.00

$2.00

27

Cusco Peru

$14.00

$10.00

$2.00

28

Santiago Chile

$15.00

$9.00

$3.00

29

Oaxaca Mexico

$16.55

$12.55

$2.00

30

San Jose Costa Rica

$17.00

$11.00

$3.00

31

Salvador Brazil

$17.18

$12.00

$2.59

32

Guadalajara Mexico

$17.52

$13.52

$2.00

33

Hong Kong China

$17.95

$15.95

$1.00

34

Jerusalem Israel

$18.00

$12.00

$3.00

35

Lusaka Zambia

$18.50

$16.50

$1.00

36

Mumbai India

$18.84

$17.84

$0.50

37

Guatemala City Guatemala

$19.00

$15.00

$2.00

38

Istanbul Turkey

$19.56

$15.00

$2.28

39

Prague Czech Republic

$19.76

$14.12

$2.82

40

Mexico City Mexico

$20.09

$16.09

$2.00

41

Cape Town South Africa

$20.66

$15.00

$2.83

42

Singapore Singapore

$20.81

$16.91

$1.95

43

Osaka Japan

$21.13

$12.63

$4.25

44

Minsk Belarus

$22.00

$20.00

$1.00

45

Toronto Canada

$22.10

$14.60

$3.75

46

Tokyo Japan

$22.19

$13.19

$4.50

47

Sao Paolo Brazil

$22.66

$17.48

$2.59

48

Kiev Ukraine

$23.00

$21.00

$1.00

49

Budapest Hungary

$23.62

$18.14

$2.74

50

Seoul South Korea

$24.07

$19.09

$2.49

51

Sarajevo Bosnia-Hercegovina

$24.36

$17.44

$3.46

52

Kyoto Japan

$26.50

$18.00

$4.25

53

Rio de Janeiro Brazil

$27.07

$21.89

$2.59

54

Belgrade Serbia

$29.02

$23.02

$3.00

55

Warsaw Poland

$29.26

$22.08

$3.59

56

Melbourne Australia

$29.63

$21.13

$4.25

57

Auckland New Zealand

$30.61

$19.77

$5.42

58

Lisbon Portugal

$32.54

$24.42

$4.06

59

San Francisco United States

$33.00

$25.00

$4.00

60

Montreal Canada

$33.50

$26.00

$3.75

61

Rome Italy

$33.84

$20.30

$6.77

62

St. Petersburg Russia

$33.90

$27.90

$3.00

63

Los Angeles United States

$34.00

$26.00

$4.00

64

Marrekech Morocco

$34.04

$28.00

$3.02

65

Sydney Australia

$34.91

$26.41

$4.25

66

Florence Italy

$35.16

$21.62

$6.77

67

Bratislava Slovakia

$35.47

$29.03

$3.22

68

Quebec City Canada

$35.50

$28.00

$3.75

69

Chicago United States

$36.50

$28.50

$4.00

70

Berlin Germany

$36.53

$25.71

$5.41

71

Athens Greece

$37.26

$23.72

$6.77

72

Paris France

$37.89

$27.07

$5.41

73

Dubai United Arab Emirates

$38.72

$36.00

$1.36

74

Moscow Russia

$38.99

$30.99

$4.00

75

Vienna Austria

$39.82

$29.00

$5.41

76

Madrid Spain

$39.98

$29.16

$5.41

77

Manchester England

$42.16

$30.12

$6.02

78

Nice France

$42.32

$31.50

$5.41

79

Boston United States

$43.00

$35.00

$4.00

80

Washington DC United States

$43.00

$35.00

$4.00

81

Stockholm Sweden

$43.14

$32.90

$5.12

82

New York United States

$44.00

$35.00

$4.50

83

Marseille France

$44.65

$33.83

$5.41

84

Milan Italy

$46.02

$32.48

$6.77

85

Brussels Belgium

$46.54

$33.00

$6.77

86

Helsinki Finland

$48.04

$37.22

$5.41

87

Barcelona Spain

$48.42

$34.88

$6.77

88

Munich Germany

$48.71

$37.89

$5.41

89

Edinburgh Scotland

$53.35

$41.31

$6.02

90

Oslo Norway

$55.12

$44.94

$5.09

91

Dublin Ireland

$56.25

$48.13

$4.06

92

Copenhagen Denmark

$62.79

$50.05

$6.37

93

London England

$63.67

$51.62

$6.02

94

Amsterdam Netherlands

$67.67

$54.13

$6.77

Iklan

One thought on “MERENCANAKAN LIBURAN

  1. Ping-balik: TAHUN BARU SAATNYA BUAT RESOLUSI KEUANGAN YANG REALISTIS | PERENCANAAN KEUANGAN - PERENCANA KEUANGAN - PANDJI HARSANTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s