LOGAM MULIA SEBAGAI DANA PENDIDIKAN

Dear Sahabat,


Artikel ini saya dedikasikan untuk sahabat saya Bro Nv dan Mbak Ls. Kebetulan karena saya senang menulis tentang Logam Mulia (LM) dan bagaimana merencanakan tujuan keuangan dengan LM.

Sahabat kami ini sangat tertarik untuk merencanakan pendidikan anaknya yang baru lahir dengan LM.

Berikut sedikit percakapan kami:

Mbak Ls : Mas apa sih bedanya Logam Mulia dengan Emas perhiasan yang saya pakai ini ?
Pandji : Sebenernya sih sama-sama emas Mbak, Cuma bedanya kalo LM adalah emas batangan dengan standar kemurnian 24 karat atau 99,99% yang diproduksi dan diberi sertifikat oleh PT Antam Tbk. Pecahan yang di produksi Antam yaitu: 1gr; 2gr; 2,5gr; 3gr; 4gr; 5gr; 10gr; 25gr; 50gr; 100gr; 250gr; 1.000gr
Pandji : Sedangkan kalo emas perhiasan komposisinya bermacam-macam,contoh:1. Emas 22 Karat berkomposisi 91.7% emas dan 8.3% campuran bahan lain (perak)2. Emas 20 Karat berkomposisi 83.3% emas,3. Emas 18 Karat berkomposisi 75.0% emas,

4. Emas 16 Karat berkomposisi 66.6% emas,

5. Emas 14 Karat berkomposisi 58.5% emas, dan

6. Emas 9 Karat berkomposisi 37.5% emas.

Jadi kalo kita beli emas perhiasan itu ada ongkos buatnya, dan ongkos buat itu beragam. Untuk media investasi sebaiknya kita menggunakan emas 24 karat, Karena selain tidak ada ongkos buatnya dan lebih mudah untuk diperjual-belikan. Apalagi kalo kita pake Logam Mulia.

Mbak Ls : Lah kalo mau beli LM, beli dan jualnya dimana Mas?
Pandji : Kalo mau belinya gampang Mbak, Mbak bisa beli di Toko Emas, Pegadaian ataupun Bank Syariah. Sekarang banyak koq Bank Syariah yang telah menyediakan progam cicilan LM. Sedangkan kalo mau jual LM  bisa langsung di toko emas, dan harganya biasanya mengikuti harga LM Antam.
Pandji : Nah itu Mbak alasannya kenapa memilih LM untuk media investasi karena LM sangat mudah untuk diperjual belikan dan harganya stabil.
Mbak Ls : Mas Pandji katanya bisa buat rencana pendidikan dengan LM ya? Gimana caranya Mas?
Pandji : Ini buat siapa Mbak?Buat Nadia anaknya Mbak ya?
Mbak Ls: Ya iyalah Mas, buat Nadia.. Masa buat Bapaknya..
Pandji : Ya kali Mbak Mas Nv mau kuliah lagi hehehe… ok deh Langkah-langkahnya seperti ini Mbak:

  1. Mbak tentukan dulu Nadia rencananya mau sekolah dimana aja dari SD sampai dengan kuliah.
  2. Setelah menentukan mau sekolah dimana saja, Mbak Lz cari tau berapa biaya saat ini. Baik dari Uang Pangkalnya dan Uang Bulanannya. Jangan lupa tanya inflasi pendidikannya. Caranya dengan menanyakan biaya uang pangkal dan bulanannya di tahun kemaren, apakah mengalami kenaikan atau tidak. Kalo naik jadi berapa persen kenaikannya (nah itu yang disebut dengan inflasi pendidikan)

Nah kalo Mbak udah tanya semuanya, nanti kita diskusikan lagi Mbak.. Sekalian cari sekolah yang menurut Mbak Ls dan Mas Nv yang terbaik saja.

Mbak Ls : OK deh Mas kalo gitu coba nanti kucari informasinya ya…
Pandji : siiip deh ditunggu ya kabarnya…

2  minggu kemudian akhirnya Mbak Ls chatting dengan saya dan memberi kabar…

Mbak Ls : Hallo Mas Pandji pa  kabarnya?
Pandji : Hallo Kabarku Alhamdulillah baik Mbak, Mbak Ls pa kabar juga..?? ada apa nih Mbak? Ada yang bisa dibantu?
Mbak Ls : Kabarku juga baik Mbak, ini loh Mas aku udah ada survey ke beberapa  sekolah dari SD sampe Universitas yang menurut kami terbaik, katanya Mas Pandji mau bantuin merencanakan pendidikan dengan LM.
Pandji : Oke Mbak.. ayo-ayo kubantuin menghitungnya dan bagaimana cara berinvestasinya..  apa aja nih datanya mbak? Kalo bisa sekalian Mbak bisa kan menghitung berapa inflasinya..
Mbak Ls : Iya ini Mas datanya…  kalo hitung inflasinya, insya Allah aku bisa Mas.. kan Mas Pandji yang ajarin.

  • SD ABC  uang pangkalnya tahun ini Rp.10.000.000,00 (sepuluh juta), sedangkan tahun lalu Rp.8.700.000,00 (delapan juta tujuh ratus) jadi kenaikannya 14.9 %

Uang SPP bulanan,  tahun ini Rp.500.000,00 (lima ratus ribu),sedangkan tahun lalu Rp.460.000,00 (empat ratus enam puluh ribu) Jadi kenaikannya sekitar 8,6 %

  • SMP XYZ uang pangkalnya tahun ini Rp.7.500.000,00 (tujuh juta lima ratus), sedangkan tahun lalu Rp.6.700.000,00 (enam juta tujuh ratus) jadi kenaikannya 11.9 %

Uang SPP bulanan,  tahun ini Rp.500.000,00 (lima ratus ribu) sedangkan tahun lalu Rp.460.000,00 (empat ratus enam puluh ribu)

Jadi kenaikannya sekitar 8,6 %

  • SMU OPQ uang pangkalnya tahun ini Rp.10.000.000,00 (sepuluh juta), sedangkan tahun lalu Rp.9.000.000,00 (sembilan juta) jadi kenaikannya 11.11 %

Uang SPP bulanan,  tahun ini Rp.500.000,00 (lima ratus ribu),sedangkan tahun lalu Rp.460.000,00 (empat ratus enam puluh ribu)Jadi kenaikannya sekitar 8,6 %

  • Universitas  RSTU uang pangkalnya tahun ini Rp.15.000.000,00 (lima belas juta), sedangkan tahun lalu Rp.13.000.000,00 (tiga belas juta) jadi kenaikannya 15.3 %

Uang semester,  tahun ini Rp.7.500.000,00 (tujuh lima ratus ribu),sedangkan tahun lalu Rp.7.000.000,00 (tujuh juta)Jadi kenaikannya sekitar 7,1 %

Pandji : Baik Mbak kalo gitu bisa disimpulkan kenaikan uang pangkal sekitar 15% per tahun ya Mbak, kalo uang bulanan dan semesteran kurang lebih kenaikannya sekitar 10% per tahun.
Pandji : Nah kucontohkan saja ya Mbak gimana cara menghitung biaya pendidikan untuk SD.nanti yang SMP, SMU dan Kuliah ku email mengenai perincian kenaikan biaya pendidikan dan berapa yang harus diinvestasikan tiap bulannya.Jadi karena biaya uang pangkal SD Rp.10.000.000,00 maka dengan adanya inflasi pendidikan 15 % maka 6 tahun kemudian biaya uang pangkal tersebut menjadi Rp.23.130.607,00. Jika dikonversikan dengan harga LM saat ini (7 Nopember 2011) Rp.515.000,00 per gram, maka untuk biaya Rp.10.000.000,00 dibutuhkan LM sebanyak 19,42 gram.Dari 19,42 gram kita bagi dengan 6 tahun, maka dibutuhkan investasi 3,24 gram pertahun.Dari 3,24 gram per tahun jika dibagi 12 bulan sama dengan 0,27 gram per bulan yang dibutuhkan untuk biaya uang pangkal SD.Atau rinciannya sebagai berikut:Rp.10.000.000,00 / Rp.515.000,00 per gram = 19,42 gram

19,42 gram / 6 tahun = 3.24 gram pertahun

3.24 gram / 12 bulan = 0.27 gram per bulan.

Begitu pula cara yang sama digunakan untuk menghitung SPP tahunannya..Ada pertanyaan gak Mbak?

Mbak Ls : Mas kalo ternyata harga emas naiknya kurang dari biaya pendidikan bagaimana Mas?
Pandji Selama ini perhitungan saya sudah hitung ternyata untuk waktu 10 tahun terakhir ini, harga LM selalu naik di atas 18% sampai dengan 20% pertahun.Jadi agar kita tidak lepas dari target, maka perlu direview untuk kenaikan LM nya tiap tahun. Apakah sudah sesuai dengan target yang kita tetapkan.Ada baiknya jika sudah mendekati masa pencairan LM tersebut untuk mencairkan LM tersebut, dan disimpan dalam bentuk yang lebih safe seperti deposito.Tapi ternyata jika untuk kebutuhan tersebut Mbak sudah ada uang cash. Mbak tidak perlu menjual LM tersebut. LM yang sudah terkumpul tersebut bisa gunakan untuk tujuan dana pendidikan yang berikutnya.
Mbak Ls : Mengenai tempat penyimpanannya bagaimana Mas?
Pandji : Untuk mengurangi risiko dari kebakaran, perempokan ataupun hilangnya LM tersebut Mbak bisa gunakan safe deposit box yang ada di Bank. semoga yang saya sampaikan ini dapat membantu Mbak Ls.

Berikut Perincian Perencanaan Dana Pendidikan dengan Logam Mulia untuk Nadia:

Dana Pendidikan SD

USIA NADIA

0 tahun

Harga LM per gram

 Rp  515.000

 Senin 7 Nopember 2011
DANA PENDIDIKAN SD

Tahun Ke

Usia

Kelas

 Uang Pangkal

 SPP Tahunan (saat ini)

Konversi LM saat ini (gram)

Inflasi Pendidikan

 Masa Mendatang

Investasi LM (gram)

per tahun

per bulan

6

6

1

 Rp 10.000.000

19,42

15%

 Rp.23.130.607,66

3,24

0,27

6

6

1

 Rp 6.000.000

11,65

10%

 Rp.10.629.366,00

1,94

0,16

7

7

2

 Rp      6.000.000

11,65

10%

 Rp.11.692.302,60

1,66

0,14

8

8

3

 Rp      6.000.000

11,65

10%

 Rp.12.861.532,86

1,46

0,12

9

9

4

 Rp      6.000.000

11,65

10%

 Rp.14.147.686,15

1,29

0,11

10

10

5

 Rp      6.000.000

11,65

10%

 Rp.15.562.454,76

1,17

0,10

11

11

6

 Rp      6.000.000

11,65

10%

 Rp.17.118.700,24

1,06

0,09

TOTAL

89,32

 Rp.105.142.650,26

11,82

0,98

Dana Pendidikan SMP

Tahun Ke

Usia

Kelas

 Uang Pangkal

 SPP Tahunan (saat ini)

Konversi LM saat ini (gram)

Inflasi Pendidikan

 Masa Mendatang

Investasi LM (gram)

per tahun

per bulan

12

12

1

 Rp.7.500.000

14,56

15%

 Rp.40.126.875,79

1,21

0,10

12

12

1

 Rp.6.000.000

11,65

10%

 Rp.18.830.570,26

0,97

0,08

13

13

2

 Rp.6.000.000

11,65

10%

 Rp.20.713.627,29

0,90

0,07

14

14

3

 Rp.6.000.000

11,65

10%

 Rp.22.784.990,01

0,83

0,07

TOTAL

49,51

 Rp.102.456.063,35

3,91

0,33

Dana Pendidikan SMU

Tahun Ke

Usia

Kelas

 Uang Pangkal

 SPP Tahunan (saat ini)

Konversi LM saat ini (gram)

Inflasi Pendidikan

 Masa Mendatang

Investasi LM (gram)

per tahun

per bulan

15

15

1

 Rp       10.000.000

19,42

15%

 Rp          81.370.616,29

1,29

0,11

15

15

1

 Rp       12.000.000

23,30

10%

 Rp          50.126.978,03

1,55

0,13

16

16

2

 Rp       12.000.000

23,30

10%

 Rp          55.139.675,84

1,46

0,12

17

17

3

 Rp       12.000.000

23,30

10%

 Rp          60.653.643,42

1,37

0,11

TOTAL

89,32

 Rp        247.290.913,58

5,67

0,47

DANA PENDIDIKAN KULIAH

Tahun Ke

Usia

Kelas

 Uang Pangkal

 SPP Tahunan (saat ini)

Konversi LM saat ini (gram)

Inflasi Pendidikan

 Masa Mendatang

Investasi LM (gram)

per tahun

per bulan

18

18

1

 Rp 15.000.000

29,13

15%

 Rp    185.631.804,08

1,62

0,13

18

18

1

 Rp   15.000.000

29,13

10%

 Rp      83.398.759,70

1,62

0,13

19

19

2

 Rp   15.000.000

29,13

10%

 Rp      91.738.635,67

1,53

0,13

20

20

3

 Rp   15.000.000

29,13

10%

 Rp    100.912.499,24

1,46

0,12

21

21

4

 Rp   15.000.000

29,13

10%

 Rp    111.003.749,16

1,39

0,12

TOTAL

145,63

 Rp    572.685.447,86

7,61

0,63

TOTAL DANA PENDIDIKAN

Biaya Pendidikan

Total Biaya Pendidikan

Nilai Investasi LM (gram)

Nilai Investasi LM (gram)

per tahun

per bulan

SD  Rp.105.142.650,26

11,82

0,98

SMP  Rp.102.456.063,35

3,91

0,33

SMU  Rp.164.330.764,94

3,48

0,29

Kuliah  Rp.572.685.447,86

7,61

0,63

Total  Rp.944.614.926,41

26,83

2,24

Hal ini sebelumnya sudah kami konfirmasikan kepada Mas Nv dan Mbak Ls. Mereka setuju dengan menyamarkan nama asli mereka dan di share kepada rekan-rekan sekalianJadi untuk kebutuhan Total Dana Pendidikan untuk Nadia dibutuhkan Dana Rp.944.614.926,41 (Sembilan Ratus Empat Puluh Empat Juta Enam Ratus Empat Belas Ribu Sembilan Ratus Dua Puluh Enam Rupiah)

Dengan Total Investasi per tahun 26,83 gram per tahun atau 2,24 gram per bulan.

Semoga yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

SELAMAT BERINVESTASI

Iklan

13 thoughts on “LOGAM MULIA SEBAGAI DANA PENDIDIKAN

  1. Pak Pandji, sharing yang sangat komplit, terima kasih..maaf sedikit pertanyaan, kenapa Pak Pandji begitu yakin kenaikan emas tahun2 mendatang akan sama dengan tahun2 yang sudah lewat?

    Memang pak Pandji melihat dari 10 tahun terakhir, tapi apabila ditarik lebih jauh, apakah emas selalu bisa ‘ngejar’ kenaikan biaya pendidikan? 🙂 maaf bila kurang berkenan..tapi apa tidak sebaiknya juga diversifikasi dengan asset class lain, seperti reksa dana..memang setiap planner dan klien punya preference sendiri, apa memang biasanya pak panji me’resep’kan hanya invest di LM untuk persiapan biaya pendidikan? Lewat twitter bapak pula, saya juga kirim cuplikan grafik dari buku John Bogle (founder Vanguard group) tentang perbandingan performa bbrp asset classes di amerika..twitter saya @stephenbudiono
    Terima kasih atas tanggapannya, keep on blogging pak 🙂

  2. Dear Pak Stephen Yang Terhormat,
    LM adalah salah satu instrumen investasi, biasanya saya gunakan untuk klien saya yang mempunyai profil risiko konservatif.
    untuk tahun-tahun berikutnya paling tidak untuk 10 tahun ke depan harga emas kenaikannya saya analisa masih sesuai dengan harapan, namun perlu diperhatikan bahwa kenaikan investasi tersebut perlu direview setidaknya 6 bulan sekali, ataupun 1 tahun sekali.
    jadi sebaiknya dalam perencanaan keuangan memang sudah menyiapkan plan B dalam aplikasinya..
    sehingga tujuan keuangan dapat tercapai. saya sendiri tidak selalu menggunakan LM dalam perencanaan keuangan,
    portofolio dalam perencanaan keuangan klien selain LM saya juga menggunakan reksadana.
    sekali lagi terimakasih atas tanggapannya..
    kalo saya sendiri menggunakan LM, reksadana, saham dan cash flow properti.
    semoga kita dapat bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya mengaplikasikan perencanaan keuangan sejak dini.
    HAPPY INVESTING

  3. Pak Pandji, Informasinya sangat bermanfaat, dengan adanya simulasi perhitungan investasi dana pendidikan menggunakan LM, dengan begitu lebih memudahkan sy untuk memulai berinvestasi utk dana pendidikan anak sejak dini. Terimakasih.

  4. Dear Mbak Sisca,
    terimakasih ya atas tanggapannya..
    Alhamdulillah ya.. jika bermanfaat dan cukup jelas.
    metode ini bisa digunakan untuk membentuk tujuan keuangan yang lain..
    iya banyak juga loh Mbak temen2 yang minta dibuatkan dana pendidikan walaupun belum nikah..hehehe..
    keep in touch ya…
    salam buat Mas Troy…

  5. Salam Kenal Mas..

    Saya ada planing mau invest di LM terutama emas, cuma tidak tahu bagaimana memulainya.. Pertimbangan2 apa saja yang diperlukan sebelum memutuskan untuk membeli LM…

    teriring salam dan do’a

  6. Salam Kenal juga..
    Pertama kali ketika ingin investasi ada beberapa hal yang perlu dipahami, antara lain sbb :
    1. LM adalah instrumen investasi yang nilainya dapat naik dan dapat juga turun. Dengan adanya risiko investasi emas, sesuaikan dengan profil risiko Anda. Apakah LM merupakan media investasi yang sesuai dengan Anda atau tidak?
    2. Tentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai dengan membeli LM, apakah untuk membangun dana darurat, dana pendidikan anak, atau untuk investasi pembelian asset baru seperti properti.
    3. Dari tujuan keuangan tersebut Anda dapat menghitung kapan tujuan tersebut ingin dicapai, berapa nilai tujuan tersebut pada saat tahun tujuan dan hitung inflasinya.
    Contoh:
    Anda ingin membeli asset 3 tahun lagi dengan nilai 50 juta. Inflasi 10%. maka nilai nya 3 tahun menjadi 66,5 juta.
    4. Dari Nilai 50 juta Anda bagi dengan harga LM saat ini (7 Desember 2011) Rp.513.000 per gram. Berarti Anda butuh 97,46 gram. Jumlah LM ini yang Anda bagi dalam 3 tahun menjadi 32,5 gram. Jadi Anda membutuhkan 32,5 gram per tahun untuk mencapai tujuan Anda.
    5. Setelah 1 tahun berjalan Anda investasi sebaiknya Anda review berapa kenaikan LM yang Anda beli. Apakah nilainya naik atau turun?
    Jika nilai kenaikannya lebih daripada inflasi maka tujuan anda bisa sudah tercapai. Jika nilainya turun maka Anda harus siiap dengan risiko tersebut. Karena tidak ada investasi yang pasti dijamin nilainya selalu naik.
    Untuk review tersebut Anda dapat mengulanginya tiap tahun sampai dengan akhir tujuan investasi Anda.
    Yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu jeli kapan Anda mencairkan investasi Anda, usahakan Anda menjual LM tersebut pada saat harga naik secara bertahap.
    6. Untuk membeli LM Anda dapat membelinya di toko emas. Pegadaian, ataupun Bank Syariah yang menyediakan fasilitas penjualan LM dengan cara cicilan.

    Semoga penjelasan yang saya berikan dapat memuaskan Anda. Jika ada yang kurang jelas dan ingin konsultasi langsung. Anda dapat menghubungi MoneynLove.
    Dengan senang hati pasti saya bantu.

    Happy Investing..

  7. salam kenal…
    saya sangat setuju dengan bpk…investasi yang cukup bagus memang emas, saya juga baru belajar, jadi tetep pengen dapat tambahan ilmu ni dari bpk….
    semoga harga emas selalu naik,dan kita bisa punya kebun emas
    semangat !!!!!

  8. Salam kenal juga Ibu Lila,
    yang perlu Ibu ketahui tentang investasi adalah tidak ada investasi yang tidak memiliki risiko.
    setiap investasi memiliki risiko.
    jadi pertimbangkan dahulu mengenai risiko investasi LM,antara lain mengenai:
    1. kenali profil risiko investasi Anda, apakah yang termasuk konservatif, moderat atau agresif.
    2. Kenali tentang risiko investasi LM yang Ibu bisa tolerir, misal dalam setahun LM dapat naik diatas 20% dan dapat turun juga sampai dengan 10%. yang perlu Ibu ketahui kapan waktu yang tepat untuk mencairkan investasi tersebut.
    karena dalam kurun waktu 1 tahun ada waktu dimana harga LM yang tertinggi dan ada waktu LM di harga terendah.
    jadi Anda harus memahami kapan waktu yang tepat untuk membeli dan kapan waktu yang tepat untuk menjual.
    3. pastikan ketika menyimpan LM di tempat yang aman, bisa brankas yang besar di rumah atau safe deposit box.
    semoga bisa membantu Ibu Lila.
    Wasalam..

  9. ulasan yang lengkap dan inspiratif..
    tapi satu pertanyaan pak,
    misal kita beli LM, kan nanti dapat sertifikat kepemilikan LM kan Pak?
    Nah, misal suatu saat, sertifikat tsb hilang, apakah harganya sama dg harga LM versi Antam, atau jatuh di bawahnya?
    trims,Pak.

  10. harganya mungkin bisa dibawah dari LM yang ada sertifikatnya, sertifikatnya pun kecil biasanya menempel didalam plastik LM.
    kalo LM di jual akhirnya harganya sama dengan emas lokal.

  11. makasi buat update infonya, infonya inspiring banget, ini lagi mulai merencanakan investasi dalam bentuk LM, doakan saya ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s