HUTANG BAIK dan HUTANG BURUK

Heru : Mas aku ada rencana untuk membeli mobil tapi lewat kredit sebenernya sudah tepat belum?
Abhi : Sebenarnya ada yang namanya hutang baik dan hutang buruk.
Heru : Maksudnya apa Mas?
Abhi : Maksudnya adalah hutang baik adalah jika kita berhutang untuk kebutuhan produktif atau membeli asset yang nilainya selalu naik, sedangkan hutang buruk adalah jika kita membeli barang konsumtif yang nilainya terkadang bisa turun
Heru : Contohnya gimana Mas?
Abhi : Sekarang aku tanya untuk kebutuhan primer apakah kamu sudah terpenuhi? Misalnya sandang, pangan dan papan sudah dimiliki?
Heru : iya sih Mas aku sekarang masih kontrak rumah, blm punya rumah sendiri, jarak rumah dan kantor juga masih bisa ditempuh dengan motor.
Abhi : Nah itu maksudku kalo kamu belum mempunyai rumah, maka sebaiknya kamu membeli rumah, bisa cash ataupun kredit jika blm mampu..
Heru : Bener juga ya Mas, uang kontrakan kan sebenernya bisa buat DP rumah, dan nilai rumah pasti selalu naik..
Abhi : Kalau kamu beli kredit mobil saat ini apa yang terjadi?
Heru : Nilai mobil pasti selalu turun, apalagi kalau kita beli mobil baru, lalu beberapa bulan kemudian dijual lagi lama kelamaan pasti nilainya turun
Abhi : Lalu kemungkinan berikutnya apa yang terjadi? Apakah mobil tidak butuh perawatan? Dan kapan kamu akan membeli rumah?
Heru : iya mobil juga butuh perawatan tiap bulannya, dan itu butuh biaya, yang pasti kalo aku beli kredit mobil saat ini, dan baru lunas 4 tahun kemudian, danaku untuk membeli rumah tertunda 4 tahun lagi.. Dan pada saat itu harga rumah sudah naik. Kalo pertahun naik 20% maka untuk 4 tahun bisa jadi naik 80%.
Abhi : OK sekarang sudah mengerti kan.. Mana yang hutang baik dan mana hutang buruk?
Heru : iya Mas sekarang aku sudah paham, terimakasih ya Mas sudah mengingatkan.. Yah gini lah Mas anak muda selalu terbawa gengsi tanpa memikirkan kemampuan pribadi.
Iklan

5 thoughts on “HUTANG BAIK dan HUTANG BURUK

  1. Ping-balik: 7 HAL KEUANGAN YANG PERLU DILAKUKAN AGAR TIDAK MENYESAL SEBELUM USIA 30 | PERENCANAAN KEUANGAN - PERENCANA KEUANGAN - PANDJI HARSANTO

  2. Ping-balik: TAHUN BARU SAATNYA BUAT RESOLUSI KEUANGAN YANG REALISTIS | PERENCANAAN KEUANGAN - PERENCANA KEUANGAN - PANDJI HARSANTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s