Tips Berlibur Ke Luar Negeri

Tips Berlibur ke Luar Negeri New

Pergi ke luar negeri rasanya menyenangkan apalagi untuk acara liburan, ketemu suasana baru, pengalaman baru, bahasa yang berbeda rasanya seperti pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

Nah supaya liburan kita bisa tetap fun dan kantong tidak jebol apalagi sampe bayar utangan akibat liburan, Berikut tips nya:

1. Buat Perencanaan Awal yang Matang
Perencanaan ini antara lain destinasi wisata, waktu keberangkatan, jangka waktu berpergian (Peak Season atau Low Season)
Dalam hal ini mulai dari tiket pesawat, biaya penginapan dan sebagainya.
2. Hitung Semua Kebutuhan Liburan
Perincian kebutuhan harus sudah dihitung di awal antara lain : kebutuhan Transportasi, akomodasi, kebutuhan makan, camilan, Objek wisata, dokumen perjalanan dan biaya oleh-oleh.
Manfaatkan internet untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda tahu kebutuhan anggaran untuk semua pos tersebut.

3. Siapkan Dana Ekstra 20%
Misalkan Anda sudah menghitung seluruh kebutuhan liburan Anda sebesar 20 juta rupiah, nah dana yang harus Anda siapkan idealnya ditambah 20% jadi 24 juta rupiah, sehingga ketika tiba2 ada keinginan yang berlebih pada saat liburan, kita memang sudah ada dananya. Paling pantang tuh korek2 dana darurat untuk memenuhi tambahan keinginan liburan. Toh andai kata dana ekstra 20% jika tidak terpakai masih bisa untuk kebutuhan liburan lagi, ataupun jika mau di tabung dan investasi silahkan. Penting banget untuk bisa menikmati liburan tanpa ada perasaan bersalah karena memakai dana yang lain.

4. Buat Dana Liburan
Jika sudah Anda hitung semua kebutuhan Dana liburan Anda, Anda bisa langsung membaginya apakah dalam waktu 2 tahun, 1 tahun atau 6 bulan dana Liburan tersebut dapat terkumpul, idealnya jika waktunya kurang dari 2 tahun.sarana yang paling tepat adalah dengan menabung. Tapi perlu di ingat yang disisihkan per bulan jangan sampai menggangu pos-pos pengeluaran yang lain, agar tidak memberatkan upayakan untuk tabungan dana liburan tidak lebih dari 5% atau 10% penghasilan Anda, jadi kesehatan keuangan Anda tidak terganggu.

5. Siapkan Mata uang lokal, US dollar, kartu debit dan kartu kredit

Pengalaman jika Anda berlibur hanya membawa kartu kredit dan kartu debit kebutuhan uang selama di sana tercukupi, tapi jangan kaget jika Anda melihat rekening Anda tiba-tiba banyak terpotong biaya-biaya transaksi penarikan dana ataupun belanja.
Jadi penting sekali untuk membawa mata uang negara destinasi, sebaiknya tukar uangnya ketika di Indonesia karena nilai tukar kursnya lebih bagus dan tukarkan dalam berbagai pecahan valuta. Sebagai jaga-jaga silahkan juga jika ingin membawa dalam bentuk US dollar secukupnya.
Ingat jangan pernah menukar uang di hotel atau bandara biasanya mereka mengambil margin keuntungan sampai 20%.

6. Siapkan biaya oleh-oleh
Salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika plesir ke luar negeri adalah membawa oleh-oleh. Selain itu orang Indonesia cenderung lebih konsumtif dibandingkan dengan negara lain.
Dua barang yang terbilang ampuh sebagai buah tangan adalah kaos dan gantungan kunci. Dua barang tersebut bisa diperoleh dengan harga miring. Riset dulu sebelum pergi dimana membeli kedua barang itu dengan harga bagus, sehingga pos untuk oleh-oleh bisa dihemat. Oh ya supaya pos ini tidak terlalu bengkak buat daftar nama kerabat atau kolegaΒ  yang penting untuk anda berikan oleh-oleh.

Dengan perencanaan yang matang sebelum berpergian, Anda bisa meminimalkan kantong jebol akibat belanja yang tak terarah. Puas Refreshing di Negeri Seberang dan kerabat pun jadi ikut senang.
Selamat Berlibur…

Rencanakan Oleh-oleh

 

Iklan

One thought on “Tips Berlibur Ke Luar Negeri

  1. Ping-balik: TAHUN BARU SAATNYA BUAT RESOLUSI KEUANGAN YANG REALISTIS | PERENCANAAN KEUANGAN - PERENCANA KEUANGAN - PANDJI HARSANTO

Komentar ditutup.