BONUS AKHIR TAHUN, ENAKNYA BUAT APA YA?

BONUS AKHIR TAHUN

 

Sudah jadi kebiasaan biasanya para karyawan atau pengusaha memperoleh bonus penghasilan tambahan. Ada yang sampai 2 bahkan 3 kali penghasilan bulanannya. Kebanyakan dari uang bonus tersebut digunakan untuk konsumtif ataupun liburan. Benarkah tindakan finansial digunakan untuk konsumtif dan liburan tersebut? Atau tanpa kita sadari ada yang lebih penting kegunaanya?

Nah supaya tidak kehilangan arah dan bonus akhir tahun dapat digunakan dengan bijak, cek dulu prioritas berikut ini.  Sah-sah saja bonus tersebut sebagian untuk konsumtif ataupun liburan, tapi lebih bijak lagi gunakan sebagian untuk hal bermanfaat untuk masa depan Anda.

Pertama Lunasi Hutang Konsumtif Terutama Kartu Kredit.

Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar biasanya sudah tidak asing lagi penggunaan kartu kredit, tapi penggunaan tanpa kontrol dapat membuat tagihan membengkak, Nah supaya bunga kartu kredit dan tagihannya tidak membebani di masa mendatang pastikan Anda melunasi penuh. Karena itu jika Anda termasuk mempunyai beberapa tagihan dari beberapa kartu kredit, gunakan uang bonus tersebut untuk meringankan beban hutang Anda. Hutang konsumtif terutama Kartu Kredit adalah hutang dengan beban bunga yang sangat besar. Pilihannya “Cepat lunasi hutang kartu kredit Anda” atau “Terjebak dengan Kartu Kredit”

Kedua usahakan untuk menambah Dana Darurat.

Bagi sebagian orang, rasanya sulit untuk menabung sedikit demi sedikit untuk membantuk dana darurat yang ideal. Mereka pasti bisa menyebutkan banyak alasan mengapa dana daruratnya belum terkumpul. Padahal kunci sukses masa depan Anda dalam berinvestasi adalah pastikan Anda mempunyai dana darurat yang ideal. Sulit rasanya berpikir merencanakan investasi masa depan jika saat ini Anda tidak dalam kondisi aman secara finansial. Usahakan Anda dapat mencapai dana darurat ideal minimal yaitu 6 kali pengeluaran bulanan.

Ketiga Sisihkan untuk Pengeluaran yang bersifat Tahunan.

Ada beberapa pengeluaran yang pembayarannya tahunan. Seperti Pengeluaran Asuransi Kendaraan, Asuransi Kerugian, Asuransi Jiwa, Pajak Kendaraan. Nah bagi mereka pengeluaran tersebut ada yang sudah disisihkan secara bulanan, tapi bagi mereka yang tidak. Mereka harus menyiapkan secara penuh dari penghasilan bulanan mereka. Agar tidak memberatkan, catat semua pengeluaran yang sifatnya tahunan, dan gunakan momen bonus akhir tahun ini untuk membayar pengeluaran tahunan ini, khususnya pengeluaran tahunan yang akan dilakukan dalam waktu 6 bulan kedepan.

Keempat Lakukan Pelunasan Sebagian terhadap Utang KPR anda.

Seperti yang pernah disampaikan oleh beberapa perencana keuangan lainnya ketika Anda memilih KPR, Pastikan KPR Anda memiliki kemudahan fasilitas pelunasan sebagian. Dengan adanya fasilitas pelunasan sebagian maka ada dua keuntungan pertama jumlah utang pokok KPR Anda berkurang dan yang kedua beban bunga yang dibayarkan pun makin ringan. Dengan begitu angsuran cicilan KPR Anda makin ringan, Dengan semakin kecilnya cicilan Anda, maka penghasilan Anda dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan lain seperti untuk menambah porsi tabungan ataupun investasi.

Kelima Menambah Porsi Tabungan dan Investasi.

Seperti kita ketahui bersama bahwa besarnya tujuan keuangan jangka panjang dimasa depan seperti dana pensiun dan dan dana pendidikan anak. Jika harus dengan menabung mungkin akan terasa  berat mencapainya, salah satu cara yang paling ringan dan mudah adalah dengan investasi. Bagi mereka yang telah mengerti tentang manfaat investasi maka Investasi bukan lagi menjadi suatu pilihan, melainkan kebutuhan. Dengan adanya bonus tambahan yang Anda sisihkan, akan mempercepat sampainya tujuan keuangan Anda.

Dengan perencanaan keuangan yang komperehensif dan memanfaatkan bonus (tambahan penghasilan) dengan bijak maka tujuan keuangan baik masa sekarang dan masa depan maka akan lebih mudah tercapai.

BIJAK MEMANFAATKAN BONUS AKHIR TAHUN

Iklan