INVESTASI SEBAGAI GAYA HIDUP

LIFESTYLE

Hampir setiap orang mendambakan masa depan yang lebih baik. Investasi merupakan salah satu cara yang bisa membantu untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin diraih di masa depan. Untuk tujuan panjang ternyata menabung saja tidaklah cukup akan lebih mudah mencapainya jika dengan investasi. Namun, tak semua orang mampu disiplin menyisihkan uangnya setiap bulan untuk investasi.

Kesulitan semacam itu bisa jadi muncul karena banyaknya kebutuhan yang belum terpenuhi serta godaan menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang produktif. Padahal, jika direnungi baik-baik, setiap orang juga harus pandai menyisihkan uangnya untuk mewujudkan berbagai tujuan di masa depan.

Tujuan tersebut bisa berupa pernikahan, memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak, memiliki kendaraan pribadi, memiliki rumah tinggal, memiliki dana untuk masa pensiun, dan sebagainya. Investor bisa bersikap disiplin dalam berinvestasi dengan mengingat tujuan keuangan yang ingin dicapai. Ingatlah, betapa pentingnya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Anda harus mengetahui tujuan investasi untuk apa?

Goal Life.jpg

Dengan mengingat tujuan keuangan maka seseorang dapat kembali merenungi apakah semua penghasilannya akan dihabiskan untuk keperluan yang konsumtif saja? Mengingat tujuan keuangan bisa membuat seseorang juga mengingat bahwa dirinya harus menyisihkan dana untuk menabung dan investasi.

Misal, saat sepasang suami istri harus menyiapkan dana untuk kuliah anaknya, masa kuliah si anak akan dimulai dua belas tahun mendatang. Kala waktunya tiba nanti, dana tersebut tentu harus sudah siap. Waktu yang panjang itu bisa dipergunakan untuk investasi.

Cobalah bersikap dan menyadari bahwa penghasilan yang didapatkan bukan sepenuhnya untuk konsumsi. Untuk pemula penghasilan yang diperoleh setelah disisihkan untuk zakat dam sedekah, setiap bulan bisa dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu sepertiga digunakan untuk membayar cicilan hutang, sepertiga untuk konsumsi, dan sepertiga untuk menabung dan investasi sebagai tujuan keuangan di masa depan.

Investasi akan lebih memudahkan untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.Nah, kuncinya adalah saat ini Anda memiliki dana darurat kemudian agar disiplin maka sisihkanlah sejumlah dana untuk investasi di awal, misalnya saat tanggal gajian atau setiap mendapatkan bonus. Investasi tak perlu menunggu gaji yang tersisa. Ambilah sejumlah dana di awal untuk menabung dan investasi, agar dana tersebut tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang konsumtif.

Agar disiplinnya semakin terlatih, sebaiknya investor memanfaatkan sistem autodebet dan autoinvest dari rekening setiap bulannya. Dengan begitu, penghasilan secara otomatis terpotong untuk investasi. Produk investasi yang digunakan bisa reksa dana ataupun saham. Tujuan investasi itu sangat penting untuk membuat seseorang disiplin dalam berinvestasi.

Misalnya tujuan berinvestasi adalah untuk masa pensiun. Coba sadari betul bahwa kenyataannya dana pensiun yang disiapkan perusahaan belum tentu cukup untuk menutupi kebutuhan di masa tua. Sebaiknya, setiap orang juga tetap menyisihkan dana sendiri untuk persiapan pensiun. Jangan sampai saat pensiun nggak punya apa-apa dan jadi beban untuk orang lain.

Mengapa itu perlu memanfaatkan audodebet untuk melakukan investasi. Cara ini bisa dipraktekan oleh para pekerja maupun pengusaha. Seorang pekerja bisa menyesuaikan autodebet dengan tanggal menerima gajian. Selamat Berinvestasi… πŸ™‚

Iklan