REVIEW KEUANGAN AKHIR TAHUN

7-aturan-review-keuangan

#ReviewKeuanganAkhirTahun

Tidak terasa sudah menginjak bulan Desember, apa yang telah jadi resolusi keuangan di awal tahun harusnya bisa jadi panduan untuk melihat apakah yang menjadi action plan keuangan tahun ini sudah tercapai? Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mereview keuangan akhir tahun. Paling tidak ini beberapa panduan penting yang dapat di gunakan

  1. Pastikan Tidak Defisit

baca : Mengelola Gaji dan Belanja Bulanan

Pastikan bahwa pemasukan dan pengeluaran bulanan Anda tidak defisit. Artinya untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda, tidak perlu sampai menggunakan tabungan. Jika ada seperti itu maka yang perlu diteliti kembali apakah ada pengeluaran yang nilainya di luar kewajaran. Jika ada Maka ada 3 cara yang bisa Anda gunakan penyesuaian terhadap pengeluaran, yaitu Pertama bisa mengurangi pengeluaran baik itu frekuensinya ataupun jumlahnya, kedua dengan substitusi atau downgrade, Ketiga bisa menghapuskan pengeluaran yang tidak perlu.

2. Mengurangi Utang Konsumtif 

Sebenernya tidak salah untuk berutang, apalagi jika mempunyai utang produktif. Yang kurang tepat adalah jika Anda punya utang konsumtif yang berbunga tinggi. Sebenarnya barang konsumtif idealnya dibeli tunai. Jika membeli konsumtif dengan utang, artinya Anda belum layak untuk memiliki barang tersebut. Jadi boleh saja untuk menambah utang, tapi utang produktif. Yang perlu diperhatikan total cicilan utang bulanan tidak lebih dari 30% penghasilan. Jika lebih dari itu caranya bisa melunasi sebagian utang,  merestrukturisasi utang yang otomatis memperpanjang tenor cicilan atau dengan menambah penghasilan.

3.  Cek Rasio Keuangan

Setidaknya setelah satu tahun berlalu, beberapa rasio keuangan Anda bertambah sehat, diantaranya adalah total cicilan utang kurang dari 30% penghasilan, rasio untuk menabung dan investasi lebih dari 10% penghasilan, rasio likuiditas setara kas dibanding pengeluaran bulanan usahakan lebih dari 6 bulan, Rasio aset Lancar terhadap total kekayaan bersih minimal 15% dan  Rasio utang terhadap asset diusahakan kurang dari 50%.

4. Cek Kekayaan Bersih Meningkat atau tidak

Salah satu tolak ukur bertambahnya nilai kekayaan kita adalah hitung kenaikan kekayaan bersih Anda, jika Anda menjumlah seluruh total aset Anda dan dikurangi dengan total utang, itulah yang di sebut kekayaan bersih. Idealnya ada kenaikan nilai kekayaan bersih, baik itu bertambah dari kenaikan dari asset lancer ataupun dan asset investasi.

5. Cek Dana darurat sudah ideal ?

baca : Keluarga aman dengan dana darurat

Untuk beberapa keluarga memang butuh waktu untuk membentuk dana darurat yang ideal, memang yang paling minim adalah 6 kali pengeluaran bulanan. Tapi untuk keluarga dengan 1 anak butuh dana darurat 9 kali pengeluaran setidaknya mulai untuk mengevaluasi apakah dana daruratnya sudah bertambah atau jadi berkurang.

6. Ukur Perkembangan Investasi

baca : Mau Investasi Reksa dana

Perkembangan Investasi juga perlu di evaluasi apakah performance nya naik, stagnan atau makin turun. Disini diperlukan untuk membedah produk misal reksadana yang dipilih. Apakah perlu pindah ke produk yang lain, atau perlukah diversifikasi pada instrument keuangan yang lain. Aset investasi tidak hanya papper asset saja, namun ada asset riil yang bisa dipilih, misal property yang bisa memberikan capital gain dan rental gain.

7. Jangan sekedar resolusi

Baca : Saat nya membuat Resolusi Keuangan

Jika di awal tahun kita sudah membuat resolusi keuangan apa saja yang harus dilakukan, maka akan lebih mudah untuk mereview-nya. Anda hanya perlu melihat apa saja yang sudah di kerjakan, apa yang belum dikerjakan dan solusinya seperti apa.  Misal dalam Jangka waktu berjalan di pertengahan tahun depan harus sudah menyiapkan uang pangkal sekolah anak apakah dana nya sudah terkumpul jika belum apa yang harus dilakukan dan alternatifnya. Resolusi Keuangan dan Review keuangan merupakan satu kesatuan, akan sulit untuk mereview keuangan jika Anda tidak punya action plan atau resolusi keuangan. Begitu pula akan sia-sia membuat resolusi keuangan jika Anda tidak melakukan review.

review-keuangan-akhir-tahun

meninjau-keuangan-akhir-tahun

 

Iklan