MACET BIKIN UNTUNG

Macet Pembangunan LRT

Siapa sih yang seneng kena macet? Udah rugi waktu dan rugi bahan bakar juga. Hampir seluruh penduduk Jakarta yang keluar pada jam-jam padat pasti mengeluh karena mengalami kemacetan, apalagi sejak dibangun LRT mulai September 2015. Tapi ternyata macet bisa bikin untung juga lho.. penasaran kan? Baca lebih lanjut

8 HAL KEUANGAN YANG PERLU DILAKUKAN AGAR TIDAK MENYESAL SEBELUM USIA 30

Agar Tidak Menyesal Sebelum Usia 30

Beberapa hal keuangan agar tidak menyesal di usia 30 :

1. Sudah Mandiri Keuangan / Mandiri Finansial

Usia 20an sangat menentukan jalan hidup seseorang.  Ada beberapa kaum muda yang sudah punya penghasilan sendiri ataupun usaha sendiri. Jika Anda saat ini Anda sudah memiliki penghasilan karena bekerja, sudah saatnya berencana untuk memiliki penghasilan tanpa harus bekerja, hal ini yang disebut dengan pasif income. Pasif income sangat berguna untuk masa pensiun Anda. Baca lebih lanjut

CINTA ARTINYA TERBUKA

CINTA ARTINYA TERBUKA

Bulan Februari di identikan dengan Bulan penuh Cinta, Karena tanggal 14 februari yang konon katanya hari kasih sayang, beberapa pasangan pun melaksanakan pernikahan di bulan Februari.

Cinta artinya terbuka dengan pasangan, antara suami istri yang menikah artinya saling jujur memberikan kepercayaan kepada pasangannya. Baca lebih lanjut

BUKU MAKE YOUR OWN PLAN! Perencanaan Keuangan Nggak Pake Ribet

BUKU MAKE YOUR OWN PLAN! Perencanaan Keuangan Nggak Pake Ribet

Banyak keluarga Indonesia yang belum bisa menata keuangannya dengan cermat.

Banyak orang yang memiliki penghasilan cukup, namun masih bingung dengan keadaan keuangannya. Setiap orang memiliki kekhawatiran akan masa depan atau pertanyaan seperti bisa menabung atau tidak,bisa investasi atau tidak, dan sebagainya.

Baca lebih lanjut

KELAS PERENCANAAN KEUANGAN MYOP BATCH 4, 2-3 NOVEMBER 2013

KELAS PERENCANAAN KEUANGAN

Kelas menengah yang tumbuh signifikan di Indonesia belum diikuti kesadaran akan pentingnya menata kondisi keuangan agar tetap dapat menikmati kesejahteraan hingga usia lanjut dan mencapai tujuan-tujuan keuangan yang lain. Tingginya inflasi menyebabkan harga barang-barang kebutuhan selalu naik setiap tahun. Perlu strategi yang tepat untuk dapat menghadapi kenaikan harga tetapi tetap mempertahankan standar hidup yang dimiliki. Baca lebih lanjut

TUNDA LAGI… TUNDA LAGI…

Quote Pandji Harsanto

Dalam Kelas Workshop Make Your Own Plan yang biasa kami adakan, kami sering mengingatkan peserta untuk segera berinvestasi sedini mungkin dan tidak melakukan penundaan,

Sebenarnya bukan besarnya jumlah investasi yang kami tekankan, tapi memulainya sedini mungkin itu yang terpenting.

Dalam perhitungan compounding interest waktu sangat berperan penting dalam investasi. Banyak yang tidak menyadari bahwa penting sekali untuk memulai investasi sedini mungkin. Baca lebih lanjut

TIDAK ADA INVESTASI YANG AMAN

PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI

Masyarakat kita seringkali salah langkah, kalo boleh meminjam bahasa jawa “Keblusuk”.

Masyarakat sering “keblusuk” dalam berinvestasi..

Kebanyakan dari mereka yang “keblusuk” tadi enggan sekali untuk belajar apa itu investasi, apa itu bisnis..

Tidak bisa membedakan mana investasi yang legal, mana yang bisnis, ataupun mana yang termasuk skema ponzi

(yang sengaja “dibuka” untuk “ditutup”). Baca lebih lanjut

TIPS MENGELOLA KEUANGAN DI TENGAH KENAIKAN BBM

PRAKTIPS MENGELOLA KEUANGAN DI TENGAH KENAIKAN BBM

Pemerintah berniat mengumumkan secara resmi kenaikan harga BBM bulan Juni tahun 2013 ini. Pemerintah dan Bank Indonesia sempat melontarkan perkiraan, inflasi tahun ini bisa melejit hingga kisaran 8%. Itu di atas kertas, meski kita tahu kenyataan di lapangan kerapkali kenaikan harga barang jauh di atas itu. Bahkan kenaikan harga barang sudah dimulai sejak beberapa pekan ini.

Apa yang harus kita lakukan menghadapi ancaman kenaikan tingkat inflasi tahun 2013 ini?

Baca lebih lanjut

CEK KESEHATAN KEUANGAN BAGIAN 3 (HABIS)

Pada artikel sebelumnya cek kesehatan keuangan bagian 1 dan cek kesehatan keuangan bagian 2 , kita sudah dapat membuat arus kas bulanan, neraca, review penghasilan , review pengeluaran , lunasi hutang konsumtif dan membuat dana darurat.

Pada artikel terakhir kali ini kita akan chek up kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan dan membuat rasio keuangan. Untuk kebutuhan asuransi jiwa ada beberapa syarat yang seharusnya seseorang wajib untuk dilindungi risiko finansialnya, antara lain:

  1. Tertanggung tersebut sudah mempunyai penghasilan
  1. Tertanggung sudah mempunyai tanggungan, baik itu anak, istri ataupun orang tua yang tidak bekerja lagi
  1. Penghasilannya digunakan untuk membiayai kebutuhan rumah tangga,

Baca lebih lanjut

MERENCANAKAN KEUANGAN SEBELUM MENIKAH

Hello, My Wedding Day!

Menjelang momen penting ini tiba, nggak cuma mental dan fisik yang kudu disiapkan, tapi juga dana besar—duh!

Akhirnya saat yang kita tunggu-tunggu tiba: si dia siap berkomitmen dan resmi melamar! Namun belum sempat mewujudkan pesta pernikahan sesuai impian, kita tersadar kalau tabungan masih pas-pasan banget. Mau meminta ortu membiayai semua, kok, rasanya nggak enak banget.

Makanya, sebelum momen sakral yang bakal kita kenang seumur hidup itu berkurang euforianya karena masalah dana, kita kudu menyiapkannya dari sekarang. Jangan tunggu sampai si dia mengeluarkan kalimat sakti ‘Will you marry me?’ untuk mulai menabung, ah! Baca lebih lanjut